Membuat Otak Lebih Cerdas


Jika tubuh agar tetap sehat maka diperlukan olahraga yang teratur. Nah hal tersebut juga diperlukan oleh otak. Agar proses berpikir bisa lebih cepat, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melatihnya.
Proses berpikir yang cepat bisa membantu meningkatkan kemampuan orang dalam melakukan banyak tugas diwaktu yang sama. Untuk mencapai hal tersebut, butuh pelatihan otak sederhana namun efektif sehingga kebugaran pikiran meningkat.
Dilansir dari Timesofindia, berikut 10 hal yang bisa dilakukan agar otak tidak lemot dan dapat berpikir cepat:
1. Lakukan seni
Seni adalah sumber latihan yang membantu meningkatkan bagian di otak yang bekerja mengekspresikan diri secara non-verbal. Seni membuat orang jadi kreatif, menggunakan keterampilan motorik halus dan berpikir analitis.
2. Memperluas kosa kata
Membaca artikel, berita atau novel bisa membantu mempelajari kata-kata baru yang sebelumnya tidak akrab didengar. Teknik ini akan membantu mempertajam memori dan meningkatkan kosakata.
3. Gunakan tangan yang tidak dominan
Saat melakukan tugas dasar yang membutuhkan konsentrasi, cobalah menggunakan tangan yang tidak dominan. Kegiatan ini akan memerlukan perhatian ekstra sehingga membuat diri lebih fokus menyelesaikan tugas-tugas sederhana.
4. Jangan gunakan kalkulator
Untuk perhitungan dasar atau harian sebaiknya jangan menggunakan kalkulator, tapi pilihlah metode kuno seperti menghitung dengan jari atau menghitungnya di kepala. Ini adalah cara yang sangat umum untuk menjaga otak tetap aktif.
5. Belajar bahasa asing
Mempelajari bahasa asing baru tidak hanya bisa meningkatkan karir profesional dan pengetahuan baru, tapi juga menjadi sumber latihan untuk pikiran karena menjaga otak tetap sibuk.
Advertisement

Baca juga:

Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar